Kamis, 27 Juni 2019

Bab 13 Struktur Pasar Monopoli










                                      STRUKTUR PASAR MONOPOLI 





Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja atau bisa disebut suatu pasar yang penjualnya hanya ada satu dan pembelinya banyak dan menghasilkan barang yang tidak mempunyai pengganti.



Keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan monopoli adalah keuntungan yang melebihi normal dan ini diperoleh karena,terdapat hambatan yang sangat tangguh yang dihadapi perusahaan – perusahaan lain untuk memasuki industri tersebut.



     Ciri – ciri pasar monopoli


Tidak mempunyai barang pengganti

          Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada di pasar. Atau dengan kata lain tidak terdapat barang mirip (close substitute).



Tidak dapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri


Maksudnya karena sifatnya monopoli maka pesaing tidak dapat masuk ke dalam pasar tersebut karena barang yang dihasilkan hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut saja dan selain itu biasanya dibatasi dengan undang – undang dan bersifat legal.

                  Dapat mempengaruhi harga

Karena perusahaan monopoli merupakan satu – satunya penjual di pasar maka penentuan harga dapat dikuasai sepenuhnya, dengan mengendalikan ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendaki.





Faktor – faktor yang menimbulkan monopoli :
1.     Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi

2.      Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya yang dapat dikatan unik dan tifak dimiliki perusahaan lain.

3.     Monopoli wujud dan berkembang melalui undang – undang, yaitu pemerintahan member hak monopoli kepada perusahaan tersebut.




       Penentuan Harga dan Produksi Tanpa Persepakatan

            Dalam melihat pemaksimuman keuntungan dalam suatu perusahaan oligopoli, akan diperhatikan bagaimana tujuan itu akan dicapai apabila perusahaan-perusahaan tidak membuat persepakatan, Maksudnya setiap tindakan yang dilakukan perusahaan akan menimbulkan implikasi yang nyata kepada perusahaan-perusahaan lainnya.


 Faktor Penyebab & Karakteristik Pasar Monopoli

           Suatu industri diakatakan monopoli adalah apabila hanya ada satu produsen/ penjual tanpa pesaing baik langsung maupun tidak langsung. Baik nyata maupun tidak nyata

Output yang dihasilkan tidak mempunyai substitusi.

  Faktor penyebab, terbentuknya monopoli dalam perusahaan tidak mempunyai pesaing karena adanya hambatan (barrier to entry) bagi perusahaan lain untuk memasuki industri yang bersangkutan.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bab 15 Pasar Faktor Produksi

                                                                    PASAR FAKTOR PRODUKSI      Faktor produksi adalah inp...